Uki berbagi informasi terkait paket wisata jatim,tempat wisata,cara seo blog,pertanian peternakan

Tempat Wisata di Lombok

Tempat Wisata di Lombok



1. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Mempunyai garis pantai yang panjang, pantai ini akan memanjakan Anda dengan keindahan pasir pantai dan air laut yang jernih. Karena merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang paling terkenal, Pantai Senggigi mempunyai fasilitas penunjang wisata seperti restoran, hotel, bar, sarana transportasi, penjual pulsa, dan lain-lain yang sangat lengkap.
2. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagi penganut agama Hindu, Gunung Rinjani mempunyai nilai spiritual tersendiri karena dianggap merupakan tempat tinggal dari pada dewa.
Wisata favorit di Gunung Rinjani adalah pendakian. Gunung Rinjani dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati pemandangan yang tiada duanya. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Rinjani, Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang segala kebutuhan Anda.
3. Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong. Seperti pura-pura pada umumnya di Bali, untuk dapat memasuki Pura Batu Bolong, Anda harus menggunakan kain berwarna kuning di pinggang. Pura Batu Bolong mempunyai latar belakang pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga sangat indah sekali untuk berfoto-foto, terutama pada saat matahari tenggelam.
4. Taman Narmada
Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dulunya, taman ini digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara, sekarang taman ini telah beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata. Hal unik dari Taman Narmada adalah, desain taman ini merupakan replika mini dari Gunung Rinjani, selain itu terdapat juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda membasuh muka dan meminum air tersebut.
5. Air Terjun Sendang Gile
Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 KM atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda gunakan untuk mandi atau membasuh muka. Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.
6. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam. Berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai sekarang masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut.
Biasanya apabila Anda mengambil paket mendaki Gunung Rinjani bersama dengan biro perjalanan, Anda juga akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau. Kegiatan utama di danau ini adalah memancing, oleh karena itu jangan lupa membawa alat pancing Anda. Untuk dapat mencapai lokasi Danau Segara Anak, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor, melelahkan namun tidak akan mengecewakan.
7. Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari kelompok pulau tiga gili. Gili Trawangan juga merupakan pulau yang paling ramai dikunjungi di antara 3 pulau gili yang ada. Pulau ini mulai terkenal sejak tahun 1980 pada saat sekelompok backpacker menemukan pulau indah ini. Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor, sehingga untuk dapat menjelajah pulau ini, Anda dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan di pulau ini. Kegiatan wisata yang paling favorit di Gili Trawangan adalah wisata menyelam, snorkeling, selancar, dan yoga.
8. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta tidak hanya ada di wisata Bali, melainkan juga ada di Lombok. Berada di Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram, Lombok, Pantai Kuta Lombok mempunyai pasir yang sehalus merica, oleh karena itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia karena masih jarang dijamah oleh gangguan manusia. Wisata utama di pantai ini adalah selancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, berkuda, dan lain-lain.
9. Pantai Sire
Pantai Sire yang ada di Lombok Utara berjarak kurang lebih 35 KM dari kota Mataram. Pantai Sire adalah tempat wisata di Lombok yang layak dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Bila cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat Gunung Rinjani dari pantai ini. Dengan garis pantai hampir 4 KM, Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing. Bila Anda tidak membawa peralatan wisata untuk kegiatan tersebut, tidak perlu kuatir karena di pinggir Pantai Sire banyak terdapat penyewaan alat-alat penunjang wisata.
10. Hutan Monyet Pusuk
Hutan Monyet Pusuk merupakan bagian dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Hutan Monyet Pusuk terletak di puncak Gunung Rinjani dan merupakan habitat dari ratusan monyet. Dalam perjalanan di sekitar Hutan Monyet Pusuk, berhati-hatilah bila berkendara, karena sering kali monyet-monyet ini bermain di tengah jalan. Hutan Monyet Pusuk biasanya menjadi tempat istirahat sekaligus tempat wisata bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile. Bila Anda membawa makanan, monyet-monyet ini akan berusaha mengambilnya dari Anda, jangan melawan monyet-monyet ini karena mereka bisa saja marah.
11. Bukit Malimbu
Tempat wisata yang cukup keren saat anda berada di lombok adalah Bukit Malimbu. Bukit ini letaknya masih berada di sekitar Pantai Senggigi. dari atas bukit anda bisa menyaksikan pemandangan Pantai Senggigi yang begitu indah dari ketinggian. Dari atas bukit ini anda akan melihat warna pantai biru kehijauan, jika anda memandang lebih jauh lagi ke arah lautnya maka pemandangan warna hijau air laut sungguh menenangkan hati.
12. Desa Sade
Tempat wisata yang keren di Lombok yang terakhir adalah Desa Sede. Di desa ini anda akan dibawa untuk mengetahui kebudayaan asli suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Desa Sede berada di Rembitan, Lombok Tengah. Satu tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, yang mungkin akan membuat anda terkejut adalah bahwa setiap rumah mereka lantainya dilmuri dengan kotoran kerbau. Menurut mereka tradisi seperti ini diyakini akan membuat lantai menjadi kuat, tidak terkena debu dan mencegah serangga masuk. Di Desa Sasak anda juga bisa berburu oleh oleh seperti gelang dan kain tenun asli Lombok.
13. Gili Sundak
terletak di bagian selatan Kabupaten Lombok Barat, tepatnya dekat Pelabuhan Lembar. Gili ini merupakan tempat wisata yang belum terjamah keaslian alamnya oleh kendaraan bermotor maupun cidomo. Gili Sundak masih berada di gugusan gili wilayah selatan berjajar, dengan Gili Nangu dan Gili Tangkong.
14. Lembah Hijau
terletak di Desa Ijobalit kecamatan Labuhan Haji sekitar 7 km arah Timur kota Selong, Lombok Timur. Di Lembah hijau ini terdapat beberapa berugak yang merupakan tempat untuk bersantai menikmati kehijauan alam yang mempesona memukau menyejukkan hati. Merupakan tempat yang romantis untuk berlibur bersama sang pujaan hati.
15. Mataram
adalah ibu kota Lombok dan merupakan kota terbesar. Di kota ini
terdapat Istana Air Mayura, Pura Meru, dan Museum Negeri Nusa Tenggara
Barat. Di bagian utara terdapat pasar Sesaot dan pusat kerajinan
tanah liat di Banyumulek.
16. Praya
Kota di sebelah selatan Lombok ini merupakan tujuan kedua setelah Mataram. Di sana banyak terdapat bangunan kuno peninggalan Belanda. Sedikit di luar kota, Anda dapat mengunjungi pusat kerajinan tanah liat di Penujak, rumah Sasak di Sade, dan rumah tradisional di Rembitan. Di dekat Rembitan terdapat Masjid Kuno.
17. Tetebatu
Berada di lereng terendah Gunung Rinjani, Tetebatu merupakan pedesaan yang menawan dengan udara segar dan pemandangan indah. Anda dapat memanjakan mata dengan memandang sawah dan hamparan perkebunan tembakau. Di sini Anda dapat melakukan tracking menyusuri bukit hingga air terjun.
18. Gili Nangu
Objek wisata di Pulau Lombok yang bisa anda telusuri berikutnya adalah Gili Nanggu. Sebenarnya Gili Nanggu ini berada di sisi barat Pulau Lombok, jadi untuk mencapai Gili Nanggu anda harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan kapal. Kegiatan yang sangat tepat saat anda berada di Gili Nanggu adalah snorkling menikmati keindahan taman bawah lautnya. Ada dua titik snorkling di Gili Nanggu. Titi pertama ada di sisi timur pulau yang menyajikan pemandangan spesies ikan ikan yang cantik, dan titik kedua ada di sebelah selatan pulau yang menyajikan pemandangan terumbu karang yang begitu menakjubkan.
19. Pantai Sekotong
Pantai Sekotong ini menjadi pantai favorit wisatawan setelah Pantai Senggigi dan Pantai Kuta Lombok. Keindahan Pantai Sekotong memang tak seindah Pantai Senggigi. Namun suasana tenang, asri, masih bisa anda jumpai di Pantai Sekotong ini. Pantai Sekotong berada di Lombok Barata atau berjarak kurang lebih 60 km dari pusat Kota Mataram. Selain bisa menikmati pemandangan di Pantai Sekotong anda juga bisa menyeberang ke Gili Nanggu untuk mendapatkan keindahan objek wisata lain di Pulau Lombok.
20. Senaru
Senaru, adalah salah satu desa yang berada di lereng Gunung Rinjani. Dengan udara gunung yang dingin membuat banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati pemandangannya terutama, sistem persawahan bersusunnya, Air Terjun sendang gila dan Tiu Kelep ( menurut orang setempat, jikalau anda mandi sekali di air Terjun Tiu Kelep maka anda akan Merasa satu tahun lebih muda ). Di samping itu ada juga Masjid Tua Bayan Beleq yang di bangun oleh kyai pengikut agama Islam yang pertama memasuki Pulau lombok
21.Sembalun
Dengan ketinggian 1.200m di atas permukaan Air laut, sembalun adalah bukit tertinggi di indonesia bagian timur. Dinding kawahnya yang curam, lahar yan gkeluar dari perut gunung, dinding kawah dan puncak yang tertinggi ( Gunung Rinjani, 3.726m merupakan gunung tertinggi nomer 3 di indonesia ) serta daratan ladang sayuran dan buah - buahan yang subur, membuat pemandangan di Sembalun sangat indah sekali. Penduduknya dengan tulang pipi yang tajam, kulit yang kemerahan karena terpaan angin dingin, seperti kebanyakan penduduk yang tinggal didaerah pegunungan. Pada malam hari temperatur di daerah ini bisa mencapai 12 derajat celcius.
22. Taman Mayura
Taman Mayura di bangun tahun 1744 oleh raja Lombok Anak Agung ngurah Karang Asem. Di tengah tengah taman terdapat kolam dimana terdapat bangunan yan gdi sebut Bale Kambang. Bangunan ini di gunakan untuk pertemuan pertemuan penting semacamnya. Pengaruh kebudayaan Hindu dan Muslaim dapat dilihat dari arsitek bangunannya dan jenis patung patung yang menghiasi taman tersebut.
23. Gerabah dan Kerajinan lainnya
Gerabah lombok telah di kenal di seluruh dunia, gerabah lombok ini di produksi di desa Banyu Mulek, Penujak dan Masbagik. Gerabah ini telah dibuat ber abad abad dengan cara tradisional yang pengerjaanya hanya di kerjakan oleh wanita, gerabah ini dibentuk tanpa bantuan alat. Lombok Juga tekenal dengan pengrajin tenun dengan Kualitas bagus. Desa yang banyak penghasil tenun ini adalah sukarara dan Pringgasela . Lombok juga di kenal dengan kerajanan tangan dari bambu yang dapat di jumpai hampir di semua desa.
24. Rambitan dan Sade
Rambitan dan sade, adalah merupakan desa Adat Sasak dan di bangun kurang lebih pada abad ke 14, tamu tamu yang bekunjung di desa ini biasanya untuk menikmati keunikan bentuk dan material yang di gunakan untuk membangun. Disamping itu Rambitan dan Sadejuga merupakan cikal bakal dari budaya yang ada di lombok.


Tempat Wisata di Lombok

Back To Top